Tuesday, February 6, 2018

Valentine bagi remaja muslim?

Tidak pernah ada niatan untuk merayakan hari yang istimewa bagi kebanyakan remaja tersebut, setelah 21 tahun lamanya saya dipersilahkan untuk singgah di dunia hanya berpendapat kalau "Valentine day" itu hanyalah dosa, tanpa mengetahui seperti apa sebenarnya asal usul hari merah jambu tersebut. nah ini saatnya kepo untuk nambah ilmu dan sedikit sharing buat kalian yang emang sama (buta) akan hal valentine.

Setelah mengulik ngulik dari beberapa sumber inilah inti cerita terbentuknya hari itu:

Di zaman Roma Kuno, para pendeta tiap tanggal 15 Februari akan melakukan ritual penyembahan kepada Dewa Lupercus dengan mempersembahkan korban berupa kambing kepada sang dewa.  Para perempuan muda akan berebut untuk disentuh kulit kambing itu karena mereka percaya bahwa sentuhan kulit kambing tersebut akan bisa mendatangkan kesuburan bagi mereka.


Perayaan Lupercalia adalah rangkaian upacara pensucian di masa Romawi Kuno. para pemuda berkumpul dan mengundi nama-nama gadis di dalam sebuah kotak. Lalu setiap pemuda dipersilakan mengambil nama secara acak. Gadis yang namanya ke luar harus menjadi kekasihnya selama setahun penuh untuk bersenang-senang dan menjadi obyek hiburan sang pemuda yang memilihnya.

Ketika agama Kristen Katolik masuk Roma, mereka mengadopsi upacara paganisme (berhala) ini dan mewarnainya dengan nuansa Kristiani. Antara lain mereka mengganti nama-nama gadis dengan nama-nama Paus atau Pastor. Di antara pendukungnya adalah Kaisar Konstantine dan Paus Gregory I.
Agar lebih mendekatkan lagi pada ajaran Kristen, pada 496 M Paus Gelasius I menjadikan upacara Romawi Kuno ini menjadi Hari Perayaan Gereja dengan nama Saint Valentine’s Day untuk menghormati Santo Valentine yang kebetulan meninggal pada tanggal 14 Februari.


Setelah membaca cerita tersebut pasti ada titik terang untuk menjawab pertanyaan kalian mengenai seperti apa "valentine day" bukan? sayapun seperti itu, jika ada yang bertanya ya setidaknya bisa berbagi dengan apa yang sudah dipahami saat ini.

Hai para remaja muslim yang masih ikut-ikutan ngerayain hari merah jambu yuk mulai sekarang di stop! karna itu masuk dalam perbuatan musyrik, dimana umat muslim yang melakukan atau merayakan tidak akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang yahudi dan nasrani menjadi pemimpin mu, sebagian mereka adalah pemimpin bagi yang lain. barangsiapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. sesungguhnya allah tidak memberi petunjuk kepada orang orang yang dzalim." QS. Al-Maidah : 51