Thursday, December 25, 2014

LISES Dewi Asri

Wilujeng sumping ka sadayana,

*bahasa Indonesia aja ya*
Hmm.. UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) - ini dia ajang mencari pengalaman oleh mahasiswa, ajang memperebutkan kegiatan tambahan dalam dunia perkuliahan dan pastinya ajang untuk menambah banyak teman!


Kali ini nadev bakalan ceritain tentang salah satu UKM yang menarik minat dan pesona,
UKM ini sangat menghibur banyak kalangan, membuat sejuk dan tak hentinya mencengangkan.

Awalnya kenapa sih nadev berminat UKM ini?
Hmmmmm pada dasarnya memang nadev terlahir sebagai darah sunda, kalo kata orang mah gareulis pisan HAHA. Nah! Makannya cinta banget sama apa apa yang berbau sunda. Mulai dari perhatiin orang ngomong sunda, nyanyi sunda, ataupun alunan musiknya.
Makin penasaran sama UKM apa itu.

YAPPPP yang pastinya nyambung dong sama alas an nadev, yaitu LISES yang berarti singkatan dari LINGKUNG SENI SUNDA – Dewi Asri.


Alhamdulillah nadev & teman seangkatan sudah melakukan mimitraan, entah artinya apa yang jelas mah pelantikan lah ya:p mimitraan ke-8 yang subhanallah cukup membuat kaki pegal tapi hati riang.
Riang karna yang katanya “erat kekeluargaan” itu berasa bangetloh, memang adalah yg bersifat kesenior tapi memang itu sudah sewajarnya lah, karna antara junior & senior memang ada batasannya, terus juga kan ini emang kegiatan yang kami hanya menjadi peserta.
Banyak sekali yang berkesan!

Bahas dari awal bolehlah ya,
Dalam pelantikan ini ada pengenalan tentang struktur keanggotaan dalam lises yang sedang menjabat sekarang mulai dari papayung, sesepuh, Pembina, pupuhu, wakil pupuhu, girang serat, panata harta, dll. Adapula penjelasan logo lises, asal usul lises yang ternyata sudah berdiri sejak tanggal 13 Maret 2008 jam 09.00 di Lengkong, kuningan – Stikes Kuningan.

Dalam lises itu terdiri 3 bagian :
  •  Karawitan

Yaitu permainan alat music sunda yang dapat mengiringi tarian khas jawabarat.
  • Tari

Terdapat tarian khas dari jawabarat di dalamnya
  • Teater

Yang berisikan aduan acting antar pemain dengan logat sunda dan bahasa sunda

Dalam pelantikan kali ini nadev terdapat dalam kelompok ke-3 yang diberi nama oleh kami sendiri yaitu “BONANG” taukan gimana bonang? Taukan gimana abang es nong nong mukul alat? Ya itu tuh bonang. Beranggotakan 7 orang Imara, Rumtini, Ummu, Widiya, Jamal, Liga. Tapi eh tapi para lelaki takbisa hadir, dikarenakan Jamal bentrok pelantikan dengan Mabenstik, jadi dia bisa ikut hari trakhir aja. Liga juga sama dia pergi Muncak (mountain). Jadi yaaaa you know lah, hnya tersisa 5 cewe strong saja. Tapi bukan berarti tanpa laki – laki kami tidak bisa menjalankan tugas loh haha.

GAMES (outbond)
Dengan cara menjawab pertanyaan dari teteh yang berisi pngurus lises dari yg paling tinggi hingga bendahara. Dan 1 tugas awal kelompok, yaitu membuat YEL-YEL kelompok. Secara otodidak, padat dan tepat jadilah dengan bernada manuk dadali.
Urang klompok Bonang
Anu ngiringan LISES
Klompok pang kompakna
Teu aya bandingan nana
Nu penting mah happy
Lises Dewi Asri srrrrrr

Pos 1, memasukkan pake ke dalam botol dengan bersama.
Pos bayangan

Pos 2, bagaimana caranya agar salah satu anggota kelompok bisa menembus tali yang sudah dibuat (bayangin kaya terbangnya superman yang bukan ke atas tapi kesamping)

Pos bayangan, mendapatkan masker alami yang dioleskan ke muka masing2 anggota oleh panitia. Maskernya terbuat dari lumpur sawah yang langsung di korek di lokasi itu

Pos 3, delman. Tugas nadev sebagai kusir yang kudanya itu anggota lain. Gimana caranya kuda bisa melewati rintangan, dengan mata kuda tertutup. Dan kusir tidak boleh mengajak berbicara tapi hanya memberi isyarat.

Selesai.

Inti dari semua permainan di pos yang sudah dilewatkan adalah, perlunya Strategi, kekompakkan, ketelitian, pemimpin, kerjasama, focus, dll.

Dengan strategi itu menggambarkan untuk kami anggota pengurus lises kedepannya dalam menghadapi perbedaan prodi dan cara mempersatukan semuanya sehingga bagaimana bisa menjadi pencetak generasi unggul dan lises berjalan lebih baik.

Selain outbond ada juga proses penyiraman air kembang (sebagai symbol aja).
Jadi tuh malam-malam dibangunin satu2 dengan ditutup matanya, terus digiring perlahan menuju halaman kampus. Dengan udara yang cetar badai menggelegar khatulistiwa dinginnya bulu kuduk sampai merinding. Pada malam itu juga kami semua (peserta) resmi menjadi ANGGOTA LISES priode ke 8. Dengan masing2 dari kami mendapatkan siraman air kembang di muka. Lalu disematkannya ikat kepada semua anggota baru serta salam selamat dating antara anggota lama dan anggota baru.

Bismillah semoga kami bisa memberikan yang terbaik dan menjalankan amanat dari aa dan teteh yang menitipkan lises pada kami. Aamiin

Untuk yang bikin havefun! Ayey, kita semua memainkan permainan tradisional loh, karet, demprak, benteng, bla bla bla. Seperti layaknya kembali ke masa kecil, begitu terlihat wajah sumeringah dari semuanya.

Dan terakhir nih sekaligus menjadi penutup, diadakannya peran yang sudah diberitahu sebelum pelantikan kepada masing masing anggota baru.
Kita ramai – ramai digiring ke balai desa kadugede, dari situ di persilahkan jalan satu orang berurut dengan jangka waktu 2 menit dari org pertama ke orang kedua.

Yang menjadi ikon angkatan kami adalah kebersediaannya RIZKI, untuk berperan sebagai “bencong/banci”. Dia terlihat sangat mendalami karakter, yang sebenarnya keseharian dia itu adalaaaaaaaaaaaaah lelaki tulen. Haha
Mungkin dia lelah dan butuh sedikit hiburan.

Oke sekian dulu ceritanya, doakan kami anggota lises baru periode ke-8 untuk bisa menjalankan dengan sepenuh hati dan semangat!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

LOVE SUNDA!